Apakah Kita Harus/Wajib Memahami SEO?


Bang! Saya baru bikin blog nih. Pengen jadi blogger. Nah beberapa hari yang lalu kan, saya ngebaca singkat tulisan abang yang berjudul Kenapa Kita Belajar SEO? Trus-trus apakah saya wajib memahami SEO bang. Kalau wajib alasannya apa, kalau nggk alasannya apa.

Sederhana: Tidak harus! ;-)

Nah lhoh! :-O

Memang pada pembahasan sebelumnya, seakan mewajibkan semua pemilik blog mengaplikasikan SEO karena dampak bagi blog yang sedemikian dahsyatnya.

Tapi, tidak semua blog membutuhkan SEO. Why! Ini karena tidak semua blog membutuhkan pengunjung dari mesin pencari. Ada jenis-jenis blog yang justru tidak efektif kalau memanfaatkan SEO sebagai strategi utamanya.

Jadi begini, mesin pencari seperti Google menampilkan daftar blog sesuai kata kunci yang dimasukkan oleh penggunanya. Artinya, disini kita hanya akan mendapatkan pengunjung apabila kata kunci yang kita inginkan juga diinginkan oleh orang lain.

Coba kita imajinasikan blog dibawah ini:
  1. Humor/hiburan
  2. Blog personal
  3. Cerita fiksi
Yang saya pahami, sangat jarang atau bahkan tidak ada yang mencari konten dari blog seperti di atas lewat mesin pencari. :-)

Oleh karena itu, strategi pemasaran utama mereka pemilik blog seperti tersebut di atas bukan SEO, melainkan social media marketing misalnya atau iklan berbayar, atau yang lainnya.

Sekali lagi, yang harus di ingat yakni jika jenis blog kita memang yang tidak pernah dicari melalui mesin pencari, maka kita tidak perlu menguasai SEO.

Dan sebaliknya, kita perlu belajar SEO dan mengaplikasikannya ke blog kalau kita adalah seorang:
  1. Blogger profesional
  2. Pemilik website bisnis
  3. Affiliate dan CPA marketer
  4. Pemilik toko online
  5. Pengembang software berbasis web
  6. Profesional yang memanfaatkan website untuk membangun reputasi
  7. Profesional yang memiliki portfolio online
  8. Penjual produk/jasa lewat internet
  9. Pengusaha yang ingin melakukan pemasaran online
Kita yang termasuk dalam kategori seperti tersebut di atas harus/bahkan wajib mengerti SEO. Minimal dasar-dasarnya. Alasannya! Karena calon kustomer, pelanggan dan pengguna jasa/barang yang kita jual banyak yang menggunakan mesin pencari. Karenanya, teknik SEO bisa menjadi faktor utama dalam mencapai target sukses.

Related Posts:

0 Response to "Apakah Kita Harus/Wajib Memahami SEO?"

Post a Comment