Langkah Mudah Bikin Domain Dan Selfhost Gratis Untuk Blogger Pemula (Belajar Nge-Blog)

Cara membuat domain dan wordpress selfhost gratis. Studi kasus ini saya pelajari pada saat saya ingin memiliki nama domain sendiri, tetapi belum ada budget. Sebenarnya bisa saja membuat blog gratis dari blogspot ataupun wordpress dot com. Cuma satu hal yang ngga sreg, terkadang nama domain yang saya inginkan ngga available, dan juga terlalu panjang penulisannya.

Apalah arti sebuah nama, mungkin begitu kata orang. Tapi buat saya, saya ingin sebuah nama domain yang name servernya bisa kita edit dan menggunakan server gratis juga. Itung-itung belajar wordpress self host.

Ok, tanpa harus menunggu kopi keburu dingin, berikut saya jelaskan sedikit cara untuk mendapatkan domain gratis dengan selfhost yang gratis juga. :-D
 
 
Langkah Pertama, buka freenom.com
 
Kalo mau tau freenom itu apa, freenom adalah penyedia domain gratis. Dimana kita bisa edit sendiri name servernya untuk kita arahkan ke hosting gratis. Pada halaman homepage, masukan nama domain yang kita inginkan.


Ada beberapa pilihan extension yang bisa kita pilih yaitu .tk/.ml/.ga/.cf/.gq Kali ini saya akan mencoba untuk membuat sebuah domain baru dengan nama inspirasirumah.tk. Bila nama domain kita tersedia, akan ada notifikasi bahwa domain kita is available. Klik Checkout.


Setelah kita menentukan nama domain, maka kita berlanjut ke menu pembayaran. Silahkan pilih 12 month @free. Dalam kasus ini kita harus memperpanjang satu tahun sekali bila ingin tetap menggunkan domain ini. Setelah memilih pembayaran, klik continue.


Setelah itu kita akan sampai ke halaman checkout, dan diminta memasukan alamat email untuk verifikasi. Masukan alamat email Anda dan check inbox untuk confirm email dari freenom.


Setelah konfirm email, silahkan Isi Biodata untuk pendaftaran freenom. Kemudian masuk ke client area setelah pendaftaran sukses.


Selamat! Pada tahap ini berarti Anda telah sukses mendapatkan domain gratis.
Langkah selanjutnya, kita akan mempointkan nameserver dari inspirasirumah.tk ke hosting gratis. Memangnya ada hosting gratis? Jawabannya banyak. Tapi saya lebih suka memilih hosting gratis yang benar-benar free tanpa adanya iklan.

 
 
Langkah Kedua, buka idhostinger -> Lalu registrasi di menu sebelah kanan atas.
 
Untuk mempermudah registrasi, kita bisa menggunakan login with facebook atau login with google.


Setelah masuk client area idhostinger, lalu pesan hosting baru paket free. Klik Order.
Yang saya suka dari idhostinger ini adalah spacenya yang lumayan besar yaitu 2 GB dengan Bandwith 100 GB. Dan yang pasti, tanpa iklan.


Masukan nama domain dari freenom, lalu kemudian masukkan password. Klik lanjutkan.


Langkah terakhir adalah konfirmasi order. Masukan keterangan yang berisi alasan anda memesan hosting gratis. Misalnya untuk domain yang saya pilih inspirasirumah.tk, saya isi deskripsi: Create personal blog about home and decoration. Untuk menghindari penyalahgunaan, pemesanan ini akan di verifikasi secara manual, dan diaktifkan 24-48 jam kemudian. Hindari pemilihan nama domain yang barbau pornografi atau perjudian.


Sambil menunggu proses verifikasi, silahkan nameserver domain kita dengan nameserver idhostinger. Dari Client area freenom, masuk ke my domain, lalu klik manage domain > Management Tools > Name Server, use custom name server. Isi dengan nameserver berikut ini:

ns1.idhostinger.com
ns2.idhostinger.com
ns3.idhostinger.com
ns4.idhostinger.com

Setelah kita update klik Change Name Server.


Setelah hosting aktif, maka akan ada notif ke email yang Anda daftarkan ke id hostinger. Silahkan cek dashboard idhostinger, maka domain anda akan terhubung dengan idhostinger seperti gambar berikut ini:


Selamat!! Kini hosting gratis Anda sudah aktif. Anda bisa membuat blog secara instant,  karena idhostinger juga support CMS populer seperti wordpress, joomla, drupal, presta shop, dll.

Catatan Untuk freenom Free Domain
Domain gratis dari freenom harus di perpanjang sesuai durasi yang kita pilih, misal tiap 3 bulan, 6 bulan, atau 1 tahun. Apabila kita merasa cocok dengan domain gratis yang kita pilih (misalnya dot tk) kita bisa upgrade ke versi berbayar 9.95 USD pertahun. Tentu Versi berbayar memiliki beberapa kelebihan:
  1. Legal ownership, untuk domain versi gratis, kita bebas menggunakan free domain, namun ownership tetap milik registar dalam hal ini freenom. Dengan upgrade ke berbayar, legal ownership milik kita sepenuhnya.
  2. Transfer allowed, kita bebas transfer domain ke registar lain. Untuk domain versi gratis, kita juga harus selalu renewal, misal tiap 3 bulan, 6 bulan, atau 1 tahun. Berbeda jika kita upgrade langsung ke berbayar misalkan untuk durasi 2,3 atau 5 tahun sekaligus.

Catatan Untuk idhostinger Free Hosting
Hosting selalu free tanpa anda expired. Dengan syarat, harus selalu ada aktivitas di website/blog yang kita buat. Misalnya dengan update konten atau dengan kunjungan ke blog.  Bila tidak ada aktivitas sama sekali selama 6 bulan, maka akun hosting gratis otomatis akan terhapus oleh sistem.
Demikian cara membuat domain dan wordpress selfhost gratis. Biarpun gratis yang penting bisa buat belajar, Semoga bermanfaat. :-)

Related Posts:

0 Response to "Langkah Mudah Bikin Domain Dan Selfhost Gratis Untuk Blogger Pemula (Belajar Nge-Blog)"

Post a Comment