Ingin Dikenal Dosen Pengampu? Simak Baik-baik Kriteria Mahasiswa Berikut Ini


Kali ini, saya ingin mengawali tulisan dengan ucapan terimakasih kepada beberapa dosen pengampu mata kuliah saya selama ini (dari mulai semester satu s/d enam). :-D

Bukan karena apa-apa saya menulis celoteh ini. Sebab, selama kuliah (mungkin) saya terlalu sering membuat jengkel beberapa dosen pengampu. :-) :-D

Next, dari pengalaman kuliah saya selama ini, saya mengamati ada beberapa kriteria mahasiswa yang dengan kriteria itu membuat beberapa dosen pengampu hafal siapa-siapa nama mahasiswa tersebut. :-)

Yuk, simak baik-baik yaa.. ;-)

Yang pertama, mahasiswa yang pinter. Nah, untuk kriteria mahasiswa yang pinter ini sendiri saya golongkan menjadi beberapa kategori:

1.) Aktive
Yakni mahasiswa yang aktive di kelas perkuliahan seperti contoh ketika di kelas perkuliahan sering bertanya dan juga menyanggah.

2.) Kreative
Yakni mahasiswa yang mengikuti organisasi, baik itu organisasi intra kampus maupun ekstra kampus. Nah, kenapa mahasiswa yang mengikuti organisasi saya masukkan ke dalam kategori kreative. Kenapa bukan dikategori aktive. Jawabannya karena mahasiswa yang mengikuti ornagisasi sudah pasti aktive di dalam kelas perkuliahan dan yang aktive di kelas perkuliahan belum tentu mengikuti organisasi. Well, saya lebih menitikberatkan pengalaman seorang mahasiswa sebagai bentuk kreativitasnya. Dan yang terakhir, suka berinteraksi/mengklik "like" dan atau berkomentar di akun media sosial dosen pengampu. Seperti, facebook/instagram/twitter dll.

3.) Produktive
Yakni mahasiswa yang suka mencatat materi kuliah dibuku saku/tulisnya. Duduknya selalu paling depan. Datangnya tepat waktu. Dan lebih suka bertanya timbang menyanggah.

Yang kedua, mahasiswa yang kurang pinter. Nah, untuk kriteria ini sendiri saya hanya menggolongkan menjadi 2 kategori:

1.) Mahasiswa Yang Suka Bolos
Yups!! Kalian suka bolos kuliah kah. Selamat!! Kalian menjadi salah satu mahasiswa yang dikenal dosen pengampu.

2.) Mahasiswa Yang Suka Telat Masuk Kuliah
Semalem bergadang kah. Atau alarm pukul 06.00 tidak bunyi kah. Atau antri mandi sampe berjam-jam kah. Dan atau apalah-apalah itu. Dan akhirnya, selamat kalian telat masuk kuliah. Well, kalau telatnya cuma sekali--duakali sih masih bisa dikatakan wajar yaa. But, kalau telatnya tiap pertemuan! Nah loh. Selamat!! Kalian menjadi salah satu mahasiswa yang dikenal dosen pengampu.

Dan yang terakhir/ketiga, mahasiswa yang kucluk. What! Apaan sih kucluk itu. Nah, kalau di daerah tempat saya tinggal, kucluk itu seseorang yang aneh/beda dari yang lain/khayal dan atau apalah itu.

Karenanya, pada sub pembahasan kriteria yang satu ini, saya akan memaparkan menjadi banyak kategori. Simak dan catet yaa. Barang kali setelah menyimak dengan baik, kalian mau memilih/menjadikan diri menjadi mahasiswa dengan kriteria kucluk. (piss! just kidd, guys)

1.) Sok Pinter
Mahasiswa yang seperti ini biasanya adalah mahasiswa yang pas ada ujian selesainya paling cepet. Ditempat saya kuliah, setiap UTS/UAS pasti dosen pengampu ikut menjaga berlangsungnya ujian.

Nah, pertanyaannya: Itu mahasiswa emang beneran pinter atau gimana sih, kok ngejawab soalnya cepet banget. (hhehehe)

Dosen saya pernah emosi, pas waktu jam perkuliahan berlangsung. Tidak usah saya tuliskan apa alasan dosen tersebut emosi. Yang jelas, pada waktu itu dosen berkata "dilembar jawaban UTS/UAS kalau jawabannya salah, bisa jadi saya masih memberi apresiasi/nilai. Tapi, kalau soalnya ditulis lagi, saya kasih nilai nol".

2.) Clemang-clemong
Yang satu ini, sudah pasti disetiap kelas perkuliahan ada manusia dengan karakter sebagai mahasiswa yang demikian. Yakni, clemang-clemong pada saat dosen/pemakalah menyampaikan materi. Well, kalau clemang-clemongnya diimbangi dengan kapasitas otak/keaktivan yang mumpuni sih (okey!). Nah, yang ini nilai tiap mata kuliahnya ancur semua lhoh, aktive di forum diskusi kelas juga nggak. Duh!! Repot yaa.

Dan karenanya, bisa jadi dosen mengenal si mahasiswa disebabkan oleh clemang-clemongnya dan bisa juga karena nilai ancur yang si mahasiswa tersebut miliki (hhuihuihui).

3.) Suka Caper
Lanjut! Yang terakhir dari sub pembahasan kriteria kucluk adalah mahasiswa yang suka caper di depan dosen. Dan oleh karena itu, pada point mahasiswa yang suka caper saya petakan menjadi tiga pembahasan.

a.) Suka SMS dosen
Cie! Sok perhatian banget sih sama dosen.

b.) Bertanya hanya untuk mendapat nilai aktive didalam kelas
Malu bertanya sesat dijalan. Keseringan bertanya nggak pulang-pulang.

c.) Sering membuat forum sendiri didalam kelas perkuliahan
Nah! Lhoh, kalau forumnya bermanfaat atau menyangkut materi yang sedang berlangsung sih masih bisa dimaklumi ya. Eh, ini nih forumnya tentang follower instagram/twitter! (Isss-isss-iss!).


SKIP->

Nah, itu adalah sedikit pengalaman saya selama ini dan barangkali kalian punya pengalaman yang sama/pernah mengamati hal yang sama seperti yang saya temui diatas. Selamat!! Berarti kita sehati (ups!) just kidd guys :-D

Apapun pengalaman yang kita dapat atau hal yang kita amati, pasti ada hikmahnya. Dan karenanya, apapun itu semoga menjadi hikmah yang bisa membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik dihari yang akan datang. Okey!! Ini hanya tulisan disela-sela waktu kosong, tidak ada unsur sindir--menyindir didalamnya.

Semoga kita selalu berada di jalan yang semoga jalan-Nya. Aamiin.
Kudus, 11 Mei 2017

Related Posts:

0 Response to "Ingin Dikenal Dosen Pengampu? Simak Baik-baik Kriteria Mahasiswa Berikut Ini"

Post a Comment